Pendidikan Jasmani

2/13/2012

Permainan Tradisional

Silahkan Kunjungi di http://olahraga-penjas.blogspot.com

Terkadang manusia lupa apa yang menjadikan mereka dapat mengatasi masalah di dalam hidupnya. Tidak banyak orang yang tahu bajwa sebenrnya bermain terkadang menjadi suatu hal yang dalam beberapa kurun waktu. Andaikan manusia tidak pernah bermain, paling tidak hidupnya akan separuh tidak tenang.

Permainan tradisional adalah salah satu solusi yang sangat tepat bagi orang yang mungkin mengalami stress atau sedang mengalami tekanan dalam hidupnya. Beberapa dari anda yang mungin adalah seorang Guru Penjas mungkin sudah paham bagaimana konsep permainan tradisional. Anda mengetahui mulai dari tujuan, nilai-nilai budaya dan sosial, dan hal yang penting yang dapat kita ambil adalah Nilai-nilai Emosional.






Gambar di atas adalah sebuah permainan tradisional Gobak Sodor. Hampir setiap daerah mengenal permainan ini, walaupun dengan nama-nama yang mungkin agak berbeda. Gambar di atas juga potret bahwa permainan tradisional tidak kalah menariknya dengan pertandingan sepak bola yang penuh bintang.

Permainan bermakna jenis game itu sendiri dengan segala peraturan di dalamnya, sedangkan tradisional bermakna sesuatu hal yang di wariskan secara turun temurun oleh para nenek moyang kepada keturunan-keturunannya.

Tentunta dalam permainan teradapat sering mendapat kesulitan dalam menghadapi lawan. Namun kadang orang lupa bahwa sebelum kita berpikir untuk mengalahkan lawan, kita harus mengalahkan diri kita sendiri. Hal ini jarang di lakukan oleh orang yang-yang pada masa kecilnya hanya bermain game PS atau Nintendo.

Kelebihan dari Permainan tradisional adalah aktivitas jasmaninya. Lain halnya dengan permainan  seperti Game Online, PS, atau sejenisnya yang hanya menggerakkan jempol dan beberapa jari serta mata. hanya itu fisik terlihat yang paling aktif. Tidak terdapat pelepasan dalam melakukannya. Sehingga terkadang anak yang setelah pulang main PS atau Game On line salalu membawa wajah tertekuk dan kadang hingga membentak ibunya apa bila kalah.

Yang menarik lagi dari permainan tradisional adalah bahwa proses saat permainan itu sangat menyenangkan. Anak mungkin mengerti bahwa dirinya kalah, ketika pulang mereka hanya bercerita dengan riang bahwa diri mereka akhirnya kalah. Dalam konsep pendidikan jasmani tertawa adalah proses pelepasan dan pendinginan suhu tubuh yang sangat mujarab. Dan memang telah terbukti bahwa orang yang suka tertawa lebih panjang umurnya dari pada orang yang suka cemberut. hihihi...:D

Tidak ada salahnya kita mengajak anak-anak calon penerus bangsa untuk melakukan permainan-permainan tradisional. Banyak hal yang dapat kita ambil dalam permainan tradisional. Baik itu dari segi Kognitif, Afektif, dan Psikomotor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimkasih untuk sumbang saranya...